5 CONTOH KEGUNAAN IoT “ INTERNET OF THINGS”, SERTA MANFAAT, DAN CARA KERJA NYA

5 CONTOH KEGUNAAN IoT “ INTERNET OF THINGS”, SERTA MANFAAT, DAN CARA KERJA NYA

Berikut adalah beberapa contoh kegunaan IoT "Internet Of things", Serta Manfaat Dan Cara Kerjanya

Appschef.com,Bandung. Hallo para entrepreneur sukses, Bagi kita yang hidup di zaman serba digital ini, kita sangat terbantu dengan segala hal. Salah satu contohnya  adalah kita dapat menikmati fil-film dengan tampilan gambar yang sangat keren, contoh film yang lagi booming baru-baru ini adalah avenger, iron man,dll. Film-film tersebut menampilkan teknologi-teknologi yang mutahir, yang belum ada, namun manusia tidak pernah berhenti untuk bisa menciptakan teknologi demikian. Walaupun belum sempurna seperti ironman, namun teknologi yang berkembang sudah bisa kita rasakan sekarang.

 

Bagaimana Sejarah dan Perkembangan Internet of Things (IoT)?

Appschef IOT

Pada mulanya seorang peneliti bernama John Romkey membuat suatu perangkat yang kala itu tergolong canggih pada tahun 1990. Perangkatnya adalah sebuah pemanggang roti yang bisa dinyalakan atau juga dimatikan hanya dengan melewati internet. Kemudian ide ini dikembangkan oleh Kevin Ashton pada tahun 1999 presentasinya membahas tentang IoT, dan hingga saat ini banyak orang memprediksi bahwa IoT adalah “The Next Big Thing” in the world. 

Contoh implementasi dari internet of things  (IoT) adalah “smart home”, konsep smart home ini menggunakan IoT untuk system pengoperasian rumahnya, system akan mendekteksi kehadiran orang dirumah, jika tidak ada orang dirumah, maka lampu, dan AC akan otomatis dimatikan, sehingga menghemat biaya listrik, ‘keren bukan’? dan bukan hanya itu saja, kita juga bisa memberi perintah untuk menghidupkan lampu, kompor,dll.

Implementasi IoT kini juga sudah dikembangkan oleh salah satu industri mobil yaitu “wuling”, di Indonesia mobil wuling ini menawarkan teknologi yang keren, yaitu jika anda ingin membka atap mobil anda tidak perlu mencari tombol dan memencetnya, hanya dengan menguncapkan kalimat perintah untuk membuka atap, maka atap mobil tersebut otomatis terbuka. Nah itulah salah satu contoh implementasi IoT  pada kendaraan.

I am text block. Click edit button to change this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

CONTOH IMPLEMENTASI "IOT" BUATAN ANAK INDONESIA

di Indonesia, ada beberapa yang sudah membangun start up dengan konsep IoT, contohnya ialah eFishery. Start up buatan anak Indonesia ini adalah alat pemberi pakan ikan secara otomatis. Alat ini selain mengotomatisasi pemberian pakan ternak, Serta dapat menjadwalkan pemberian pakan dengan dosis yang tepat, Selain itu eFishery dapat mencatat setiap pemberian pakan ternak secara real-time. 

Dan tentu saja dapat dipantau melalu smartphone anda. Hal ini tentu dapat menyelesaikan masalah kekurangan ataupun kelebihan pemberian pakan ternak, dengan pemberian pakan ikan yang teratur. Secara tidak langsung eFishery dapat meningkatkan kualitas ekonomi para peternak ikan  dan udang, dan juga menaikkan 50% hingga 80% biaya operasional peternak ikan, “Hebat bukan”?

 

MANFAAT INTERNET OF THINGS

appschef IOT

Macam-macam manfaat IoT adalah :

  • Monitoring Lingkungan
  • Pengelolaan Infrastruktur
  • Sebagai sensor peralatan
  • Bidang kesehatan
  • Bidang bisnis
  • Dan masih banyak lainya yang tentunya membuat segala sesutau lebih efisien.
 IoT membutuhkan tools penunjang agar bisa di implementasikan. Unsur-unsur tersebut adalah:
 
  • Sensor, sensor adalah sebuah alat canggih buatan manusia, alat ini bekerja seperi panca indera manusia, yang tergantung fungsi nya masing-masing dalam mendeteksi hal yang dibutuhkan, contoh sensor yaitu, sensor gerak, udara, panas, dll.
  • Konektivitas, namanya saja sudah internet of things, dan tentu IoT membutuhkan konektivitas untuk menghubungkan informasi yang terjadi. Internet harus benar-benar stabil.
  • Perangkat “Hardware”,
  • Dan program

Penutup dan Kesimpulan

Nah tanpa kita sadari, Internet of Things sudah berada disekitar kita, termasuk barang -barang yang kita gunakan sehari hari contohnya ponsel, alarm, Smart Home, ‘Smart Car’ keluaran Produsen mobil asal cina tersebut yaitu  Wuling.Internet of Things membuat sesuatu permasalah yang kompleks menjadi simple dengan proses pengotomatisasi dan juga monitoring secara Real Time yang membuat teknologi IoT ini hanya membutuhkan koneksi internet dengan perangkat ponsel dengan jaringan Wi-Fi.

Secara tidak langsung konsep Internet of Things ini juga banyak menjadi suatu bisnis di Indonesia, mulai dari pertanian, peternakan, kesehatan, hingga infrastruktur menggunakan teknologi Internet of Things yang membuat pekerjaan lebih cepat dan efisien.Nah, Bagaimana ? Apakah anda tertarik mengembangkan bisnis pada bidang Internet of Things (IoT), atau apakah anda ingin membuat program untuk kebutuhan kantor, bisnis, dll? Hubungi kami www.appschef.com, kami membuat segala sesuatu menjadi nyata.

Mebuat software dan jasa implementasi odoo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *